Penggunaan alat digital di Indonesia sedang menjadi tren. Indonesia menempati peringkat ketiga dari pengguna Twitter di seluruh dunia dan nomer ke-4 dalam pengguna jejaring sosial Facebook.

SMSG_KUPANG_PUBSTren dalam menggunakan teknologi ini kebanyakan digunakan oleh kaum muda dan tinggal di daerah perkotaan disusul dengan kota-kota pinggiran perkotaan, dan daerah dengan jarak yang cukup jauh dari pusat literasi digital.

Memanfaatkan peluang itu, SkolMus bergabung dalam enam rangkaian lokakarya digital di Indonesia yang diberi judul Social Media for Social Good (SMSG), yang dilaksanakan di 6 Kota di Indonesia, termasuk di Kupang, NTT.

Di SMSG peserta akan diajak untuk belajar dan mempraktekkan bagaimana menggunakan Media Sosial untuk kepentingan sosial. Mulai dari menidentifikasi media sosial yang cocok, memilih dan menyusun dan menggunakan media sosial untuk mendukung aksi/gerakan perubahan sosial kita. Kita juga akan belajar dari rekan-rekan EarthHOur Indonesia yang telah berhasil menggunakan media sosial untuk kampanye mereka.

Lokakarya ini akan melibatkan 90 orang sebagai peserta lokal dari sektor pendidikan, wirausaha, sosial dan lingkungan dalam memanfaatkan kekuatan teknologi digital dan membuatnya dapat ‘berkerja’ dalam mengatasi masalah berskala lokal maupun nasional.
Peserta merupakan perwakilan dari warga, guru, LSM lokal, pengusaha lokal, administrator sekolah, mahasiswa dan perwakilan masyarakat sipil.

Dalam melaksanakan lokakarya ini, KOPHI bermitra dengan Titikoma, sayap usaha dari Sekolah Multimedia untuk Semua (MUSA) yang berfokus pada pengadaan acara yang mendorong perubahan sosial di daerah Kupang.

Kolaborasi secara publik dan privat ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sipil dengan alat dan pengetahuan untuk terlibat dalam aktivitas digital yang memiliki efek penggandaan pasca lokakarya ini yang lebih besar.

Lokakarya ini mengangkat keinginan sebagian masyarakat di luar wilayah metropolitan Jakarta dan pulau Jawa dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, pendidikan, dan kewirausahaan setempat untuk memanfaatkan perangkat digital untuk melakukan kampanye online, website, pembelajaran jarak jauh dan jurnalisme warga.

Di Kupang, SMSG akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada 3 – 4 Oktober 2015, (Sabtu dan minggu), di Hotel On The Rock.
Narasumber adalah Mbk Hanny Kusumawati, Galih Aji (Earth Hour Indonesia) dan kaka Dicky Senda (Dusun Flobamora, MudaersNTT, #KupangBagarak) yang akan memfasilitasi pelatihan ini. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

38 + = 47

%d bloggers like this: