web_skolmus_update_april 2017_nokasSkolMus ikut serta menjadi salah satu komunitas penggagas dari kegiatan BOX 2017: Watching, Coaching, Doing, yang dilaksanakan di Kupang, 17 – 18 Februari 2017.

BOX 2017 adalah sebuah kegiatan yang diaksanakan oleh 18 komunitas anak muda di Kupang, sebagai trigger kegiatan yang akan menjadi wadah tahunan untuk menghargai karya-kartya lokal, dimulai pada tahun 2017.

Agenda BOX 2017 di Kupang bertujuan untuk memberi apresiasi karya kreatif Film dan Video dari anak-anak muda Kupang (dan NTT), menginisiasi munculnya lagi karya-karya film/video dari Kupang (dan NTT) lewat proses Coaching/Melatih dan bertukar pengetahuan dan menginisiasi interaksi antar warga: individu dan komunitas kreatif dan gerakan sosial budaya di Kupang yang dimotori oleh orang-orang muda.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, atmosfir produksi film/video di NTT umumnya dan di Kupang khususnya terasa menggeliat. Itu di tandai dengan produksi film-film independen seperti “Konjak Julio” (finalis Open Competition, Erasmus Huis International Documentary Film Festival 2013) dan NOKAS (Finalis Piala Citra 2016, Singapore International Film Festival 2017), Maria-Shiva (2015, InDocs) yang meraih apresiasi luarbiasa di tingkat Nasional dan Internasional.

Sayangnya, apresiasi di tingkat lokal terasa minim, padahal penghargaan atas karya kebudayaan lokal ini adalah salah satu dari pemicu dari pikiran dan karya-karya kritis komunitas lokal.
Karena kerinduan atas “apresiasi” di tingkat lokal inilah kemudian BOX digagas oleh 5 Komunitas di Kupang (Komunitas Film Kupang, RuangDia, #KupangBagarak, SekolahMUSA dan TENGGARA). BOX digagas oleh beberapa komunitas dan individu di Kota Kupang yang rindu untuk mulai mendorong apresiasi terhadap kerja-kerja Film dan Video yang diproduksi secara lokal, NTT.

SkolMus n Friends BOX 2017

BOX akan berisi kegiatan Screening/Watching (menonton) film dan video produksi lokal NTT, Coaching (latihan) dan berbagi ilmu film/video antar warga dan komunitas kreatif/audio visual dan upaya untuk mendorong lahirnya karya-karya film/video baru (Doing) yang diselingin dengan eksebisi karya dan Kerja Komunitas-komunitas Muda di Kupang.

Kata “BOX” dipilih secara sengaja, yang mewakili keterwakilan filosofi bahwa “BOX” (kotak) adalah sebuah wadah dimana banyak ide dikumpulkan, dimana semua orang disatukan. “BOX” juga mengingatkan bahwa kerja-kerja kreatif dibutuhkan untuk mendorong perubahan sosial, to think and work outside the “box”.

Selengkapnya tentang BOX 2017 Kupang bisa dilihat di halaman facebook ini: https://www.facebook.com/BOX-Kupang-2017-1795908973993192/ ***