Pada Rabu, 16 Maret 2016, SkolMus menemani siswa-siswi Sekolah Abdi Kasih Bangsa (SAKB) Kupang untuk hunting foto bersama di beberapa lokasi di Kupang.

Hunting ini sebagai bagian dari praktek kelas Fotografi yang diadakan atas kerja sama SAKB Kupang dan SekolahMUSA. Sebelum praktek “hunting”  para siswa mengikuti kelas teori  selama 8 kali pertemuan.

Kelas berbagi tahun ini adalah kelas ke tiga setelah tahun lalu (2015) SkolMus juga bekerjsa sama dengan SAKB Kupang menjalankan Kelas Berbagi  untuk Fotografi dan Dokumentasi Film Pendek bersama siswa-siswi  SAKB.

skolmus-sakb-2016-thKelas berbagi Fotografi di SAKB Kupang dipandu oleh satu relawan pengajar SkoLMus dan diikuti 20 orang siswa kelas 6 SD SAKB.
Pada sesi teori  siswa diajak untuk mengengenal dan mencoba prinsip-prinsip kunci fotografi seperti visual literacy dan teknik dokumentasi sosial. Lalu setlah cukup memahami teori, siswa diajak untuk melakukan praktek lewat “hunting” foto bersama.

Praktek dokumentasi sosial dilakukan 5 lokasi di sekitar Kota Kupang, diantaranya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Oeba, pantai pasir panjang, daerah sekitar Oebufu (sekitar Ramayanan Mall) dan derah sekitar Jl. Eltari.

Hasil dari praktek foto ini akan dibuat dalam sebuah proyek dokumentasi sosial oleh para siswa SD SAKB yang mengikuti kegiatan ini.  Direncanakan akan ada kelas lanjutan setelah liburan sekolah.

“Saya senang sekali. Karena anak-anak ternyata antusias sekali. Apalagi ketika hunting, semua mau terlibat. Ini bukti bahwa foto bisa dipakai oleh siapa saja untuk melakukan dokumentasi sosial” jelas Maria “Nomu” Mulle, relawan pengajar SkolMus yang menjadi mentor Kelas Berbagi di SAKB Kupang.

Selain sebagai relawan pengajar di SkolMus, Nomu juga adalah salah satu fotografer perempuan profesional di Kupang. Tidak banyak fotografer profesional perempuan di Kupang. Nomu salah satunya.

Selain pengetahuan tentang fotografi Kelas Berbagi SekolahMUSA menjalankan misi solidaritas berbagi tentang beberapa pengetahuan multimedia yang lain yaitu Video/Film, Aplikasi Desain Grafis, Internet/Sosial Media dan Kewirausahaan Sosial untuk Anak Muda dan Usaha Skala Kecil.

Bagi warga, komunitas, sekolah, lembaga yang juga ingin bekerja bersama dengan Kelas Berbagi SkolMus dan mendorong perubahan sosial lewat multimedia dapat menghubungi SekolahMUSA via kontak person Nona (081338207777) atau Destro (081239985907) atau bisa juga mengunjungi toko daring SekolahMUSA di link www.tokomusa.org, ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

27 − = 20

%d bloggers like this: