Informasi & Panduan Peserta Pameran Foto dan Workshop Fotografi
LIHAT, REKAM, CERITAKAN

SekolahMUSA Angkatan 5 dan Fotografer Kupang/NTT
Galeri Taman Budaya Prov. NTT, 11 – 15 Oktober 2015

lrc_final_pubs_lores3

Bagaimana Saya bisa Terlibat di Pameran ini;

Kami berharap sebanyak mungkin fotografer di Kupang/NTT untuk bisa terlibat. Kami ingin pameran ini menjadi agenda tahunan bagi fotografer di NTT untuk bisa memamerkan karyanya.

Apa Tema Pameran Tahun ini?

Tema Pameran tahun 2016 adalah “Lihat, Rekam & Ceritakan. Tema Lihat, Rekam dan Ceritakan adalah sebuah refleksi kontemplatif dari perjalanan SekolahMUSA selama 5 tahun SekolahMUSA yang hadir sejak 2011. Bagaimana kemudian misi “menyampaikan pesan” ini kemudian diterjemahkan sebagai sebuah seni yang artistik oleh peserta SekolahMUSA dan juga para fotografer lain di Kupang/NTT yang terkoneksi dengan SekolahMUSA.

Karena itu dengan dipilihnya tema Lihat, Rekam dan Ceritakan, pameran foto ini ingin meneruskan pesan-pesan kontemplatif para fotografer pesertanya lewat foto-foto yang dipamerkan, melibatkan seluas-luasnya opini visual para fotografernya dan menceritakan sebuah kisah yang ditangkap oleh mata sang fotografer.

Tema ini juga sengaja dipilih agar KF SkolMus bisa perlahan keluar dari zona nyaman branding “foto jurnalistik” yang selama ini melekat pada KF SkolMus atau orang-orang yang terlibat di SekolahMUSA.

Foto Apa Saja yang bisa Dipamerkan?

 

Pada prinsipnya semua genre foto dapat dipamerkan pada pameran ini selama foto tersebut memiliki cerita yang dapat diceritakan, sesuai dengan tema pameran “Lihat, Rekam Ceritakan”.

Setiap foto tentu punya cerita, mulai dari foto-foto aktifitas manusia (Human Interest) sampai foto-foto model-fashion dan makro. Cerita inilah yang ingin kami angkat dalam pameran kali ini.

Untuk peserta UMUM (yang bukan SekolahMUSA angkatan 5), terdapat 2 pilihan foto cerita yang bisa dipamerkan yaitu:

1. Jenis Foto Cerita (Photo Story), Foto Essay (Essay Photo) atau Foto Tematik.
Foto-Cerita (Photo Story) adalah beberapa foto yang diambil berseri, yang menggambarkan sebuah cerita. Foto Esai/Foto Tematik adalah beberapa foto yang diceritakan dengan membawa tema/cerita tertentu.

2. Jenis Foto Single
Foto Single bisa dari genre apa saja, yang penting memiliki cerita untuk diceritakan dalam keterangan foto/sinopsis/caption fotonya. “Cerita” dari sebuah foto dapat berupa penjelasan tentang subjek foto, tentang konteks subjek foto, tentang cerita pembuatan foto tersebut atau pesan subjektif dari fotografer yang ingin disampaikan kepada yang melihat foto.

Kalau Mau Ikut Pameran ini, Berapa Biayanya?

  • Untuk Foto Cerita/Foto Esai/Foto Tematik biaya kontribusi fotografer adalah Rp 250.000,-. Biaya ini untuk mendukung pencetakan foto pada bahan easy banner, ukuran 81cm x 122cm, biaya pembuatan display-frame dan dukungan untuk pengorganisasian pameran (20%).
  • Untuk Single biaya kontribusi fotografer adalah Rp 150.000/foto,-. Biaya ini untuk mendukung pencetakan foto bahan kanvas ukuran 40cm x 50cm, biaya display-frame dan dukungan untuk pengorganisasian pameran (20%).

Bagaimana cara mendaftar?

Bagi yang ingin terlibat dalam pameran ini dapat menghubungi rekan-rekan SekolahMUSA yang dikenal atau dapat mengontak: Leli Taolin (08113826849), Adi Sodirin (085239198350) dan Lony Wenyi (085339633988), untuk detail proses pendaftarannya. Batas waktu Pendaftaran dan Pengumpulan Foto adalah pada: 6 Oktober 2016

Apakah Setelah Pameran Peserta Bisa Mengambil Karyanya?

Ya, setelah pameran ditutup peserta dipersilahkan untuk mengambil kembali foto karya miliknya, tanpa bingkai. Bagi yang berada di luar Kupang, Panitia dapat mengirimkan karyanya kembali (tanpa bingkai). Biaya kirim menjadi tanggung jawab peserta. Bagi yang tidak mengambil karyanya, foto akan disimpan/dipajang di Sekretariat SekolahMUSA.

Pengumpulan Foto, Waktu Pendaftaran dan Pengumpulan Karya

Batas waktu pendaftaran dan Pengumpulan Foto adalah pada tanggal: 6 Oktober 2016

Apa Latar Belakang Pelaksanaan Kegiatan ini?

Kelas fotografi SekolahMUSA (KF SkolMus) saat ini telah memasuki angkatan ke-5. Seperti biasanya Kelas Fotografi KF SkolMus akan menutup kelas tahun ini dengan memilih sebuah tema dan mengadakan pameran foto sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan hasil-hasil karya fotografi dari para peserta KF SkolMus setiap tahunnya.

Selain itu, dalam rangka mencapai visi SekolahMUSA, agar mencapai keterlibatan 1000 warga kota Kupang dalam mendorong transformasi sosial lewat multimedia di tahun 2025 maka kegiatan pameran ini akan menjadi salah satu jalan menuju pencapaian visi ini. Pameran ini juga menjadi bagian penting untuk menjalankan misi “terus berbagi cahaya” SkolMus dan memperlebar jejaring Solidaritas Berbagi yang telah di kembangkan selama ini.

Juga, diharapkan dengan gagasan pameran tahunan ini, KF SkolMus ingin sekali lagi menyediakan ruang bagi para fotografer di Kupang dan NTT agar memiliki wadah pameran foto tahunan dengan karakter foto yang benar-benar mengeksplorasi kekuatan bahasa jiwa, yang memamerkan foto-foto terbaik mereka.

Apa Tujuan Yang Ingin Dicapai dari Kegiatan ini?

Yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah:

  • Sebagai wadah tahunan Kelas Fotografi SekolahMUSA untuk memamerkan karya para peserta kelas fotografi SekolahMUSA.
  •  Memberikan ruang ekspresi bagi fotografer di Kupang dan NTT untuk mengekspresikan karya-karya mereka.
  • Sebagai bagian dari misi SekolahMUSA, mendorong perubahan sosial lewat multimedia.

Waktu Kegiatan, Kegiatan Pendukung dan Lokasi Kegiatan:

  1. Pameran Foto LIHAT, REKAM & CERITAKAN ini akan dilaksanakan pada 11 s/d 15 Oktober 2016, bertempat di Galeri Taman Budaya, Kupang
  2. Presentasi Karya, oleh Peserta SkolMus Kelas Fotografi angkatan 5 pada 13 Oktober 2016
  3. Workshop “Street Photography” bagi Warga Kota Kupang akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2016, di Galeri Taman Budaya, dengan narasumber : Markus “Adhyt Sa” Elimanafe (SekolahMUSA)

Katanya Akan dibuat Buku Foto Setelah Pameran?

Ya, dalam rencana semua foto-foto yang dipamerkan akan dibuat dalam buku foto. Buku foto akan diproduksi pada sekitar Desember 2016.

Tentang Workshop “Street Photography”:

Workshop ini ditujukan bagi warga umum Kota Kupang, sebagai salah satu kegiatan pendukung Pameran Foto ini. Workshop ini akan membahas tentang Fotografi Jalanan (Street Photography) yang akan dibawakan oleh Markus “Adhyt” Elimanafe, salah satu Mentor Pengajar dari SekolahMUSA. Kegiatan Workshop akan dilaksanakan pada Jumat, 14 Oktober 2016, dimulai pada pukul 17.00 WIB (5 Sore), bertempat di lokasi Pameran, Galeri Taman Budaya, Prov NTT.

Biaya pendaftaran untuk Workshop ini adalah Rp 150.000 (termasuk baju kaos).

Untuk mendaftar dapat menghubungi: Putra (0852 5311 6101) via SMS/TELP/WA

Kepanitiaan

Kepanitiaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
Pengarah: Danny Wetangterah
Kordinator kegiatan: Adhyt Eli Manafe
Wakil Kordinator: Adi Sodirin, Vence Dami, Lony Wenyi, Leli Taolin

TIM DISPLAY:
Kordinator: Lony Wenyi, Putra Nunuhitu
Anggota: Semua Peserta Kelas Fotografi Angkatan 5
Tugas: Menyiapkan Display dan materi pameran

TIM KURASI DAN PRODUKSI FOTO:
Kordinator: Peter De Fretes
Anggota: Karolus Naga, Alfred Djami, Adhyt E. Manafe, Putra Nunuhitu, Wandry Dami, Vence Dami, Nona Nomu
Tugas: Mengkurasi foto, menyesuaikan foto dengan tema, memastikan setiap foto memiliki teks, mengurus cetak-mencetak foto.

TIM LOGISTIK PAMERAN:
Kordinator: Leli Taolin,
Anggota: Lony Wenyi, Danny Wetangterah,
Tugas: menjamin logistik (snack, makan-minum) teman-teman yang menjaga pameran tersedia

TIM LOBI LOKASI, PENDAFTARAN DAN PENGUMPULAN KARYA:
Kordinator: Leli Taolin,
Anggota: Adi Sodirin, Lony Wenyi
Tugas: Menjadi narahubung pendaftaran, melobi lokasi Pameran.

KEUANGAN:
Aldiyan Hamanay & Lony Wenyi
Tugas: Mengurus keuangan dan memastikan pertanggung jawaban keuangan

TIM DOKUMENTASI FOTO DAN VIDEO:
Kordinator: Wandry Dami
Anggota: Foto oleh Peter De Fretes, Emilia Ursula, Wandry, Adriyand (FOTO), Video oleh: Matis Hermanto, Peter De Fretes, Sonny Richaard (VIDEO),
Tugas: Dokumentasi Photo Story dan Video Pendek kegiatan.

TIM PUBLIKASI DAN HUMAS:
Kordinator: Deztro R. Djawa, Leli Taolin, Adriyand, Peter De Fretes, Sonny Richard, Un Weo, Andre Yap.
Tugas: Menyebar kegiatan via medsos dan offline, menjamin alumni bisa ikut dan menjaring sebanyak mungkin fotografer NTT bisa terlibat.

TIM LAYOUT BUKU:
Kordinator: Danny Wetangterah, Destro R. D, Wandry Dami, Andre Yap.
Tugas: Mendesain dan Layout Buku Foto SkolMus 2016.
Terima kasih,..

Sampai bertemu di lokasi pameran ya!

Salam..

SekolahMUSA

Leave a Reply

Your email address will not be published.

31 + = 40

%d bloggers like this: