Tentang Sekolah MUSA

Tentang Sekolah MUSA

APA ITU SEKOLAHMUSA?

Logo SkolMus

SkolMus adalah sebuah komunitas dan wirausaha sosial dengan visi mendorong perubahan lewat multimedia. SkolMus sebelumnya bernama SekolahMUSA (Sekolah Multimedia untuk Semua), yang dibentuk dan diawali dari keprihatinan beberapa anak muda di Kupang, terhadap sulitnya akses belajar multimedia bagi warga, khususnya anakanak muda di Kupang.

Pada Mei 2011, tercetuslah ide untuk memulai sebuah komunitas belajar bersama dengan membuka “kelas berbagi” yang mengajarkan pengetahuan multimedia (fotografi, videografi desain grafis dan menulis kreatif) dengan pengajar dari sukarelawan praktisi fotografi di Kupang.

Sejak itu, SkolMus berkembang menjadi komunitas multimedia, terlibat dalam banyak kegiatan workshop, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan tahunan, misalnya Pameran Foto Mencari Jejak Kota Kupang, Pameran Foto Matahati, Pameran foto Lihat, Rekam, Ceritakan, Festival Film Kupang: Road to XXI Film Festival, InDocs Documentary Workshop, Playing For Change, KupangBagarak, Rote Mengajar, KITONG, dll.

Pada 2014, SkolMus kemudian bertransformasi menjadi wirausaha sosial. Sebagai wirausaha sosial SkolMus membuat dan menjalankan usaha sosialnya yang berfokus pada jasa pelatihan multimedia dan dokumentasi sosial.

Kelas Fotografi Remaja

Sejak itu Skolmus dipercayakan dan terlibat dalam pelatihan, mentoring, dan proyek dokumentasi sosial seperti Dokumentasi Sosial “Aku dan Kotaku” (bekerja sama dengan Pannafoto Institute), Workshop dan Pameran Foto “Parampuan Pung Carita”, mendukung proyek film “Siko” (bekerja sama dengan Komunitas Film Kupang) dan proses dokumentasi pengetahuan dan pembuatan buku “Semau Beta” (bersama PIKUL dan GEF).

Selain menjalankan usaha sosialnya, SkolMus juga menjalankan program sosial diantaranya Kelas Tahunan (telah mencapai angkatan 7), Kelas Foto Remaja, Kelas Fotografi “KetongBisa!” dan Akademi Kesempatan Kedua (Inkubasi Wirausahawan Muda berbasis Multimedia).

 

A. 2018 : Transformasi Baru

Pada Oktober 2018, dalam pertemuan tahunan, SkolMus bersepakat untuk bertransformasi penuh menjadi Wirausaha Sosial. Untuk transformasi itu ada beberapa perubahan besar:

  1. Perubahan Nama dan Logo: dalam banyak pertimbangan, merubah namanya menjadi Komunitas SkolMus  saja, bukan lagi SekolahMUSA. Atau Komunitas SkolMus – Multimedia untuk Semua
  2. Penegasan Elemen Wirausaha Sosial:SkolMus menegaskan diri sebagai Wirausaha Sosial dengan unit usaha yang disebut “SkolMus Enterprise”, yang menjalankan jasa multimedia dan dokumentasi sosial. Dan sebagai BUKTI komitmen SkolMus sebagai wirausaha sosial maka SkolMus memberikan 51% (lebih dari setengah) pendapatan/profit yang didapatkan dari SkolMus Enterprise untuk di re-investasi kembali kepada proyek sosial SkolMus (Kelas Tahunan, Workshop, Charity, dll)Catatan: Syarat reinvestasi profit 51% ke program sosial adalah syarat dasar setiap Wirausaha Sosial
  3. Menetapkan Standar Operasi :SkolMus menetapkan mekanisme dasar organisasi (keanggotan, struktur, dll), rating dan standar operasi administrasi dan keuangannya
  4. Menyepakati tanggak Ulang Tahun SkolMus yang baru: tanggal: 2 Oktober (Octobeer), dipilih karena: Memperingati hari dimana Alex dan Frans Mendur mendirikan IPPHOS (Indonesian Press Photo Service), Hari Anti Kekerasan Internasional. Penghargaan terhadap Alex dan Frans Mendur yang menginspirasi kerja-kerja dokumentari sosial SkolMus.

B. Visi & Misi

Visi: Pada 2023, Skolmus ingin agar 5000 orang warga di NTT mendapatkan pengetahuan mulitimedia dan berhasil melakukan perubahan yang berdampak sosial, pelestarian lingkungan dan kebudayaan dan memilik semangat kebersediaan untuk berbagi.

Visi ini “tagline”-kan dengan menjadi : SOLIDARITAS BERBAGI

Misi

Menciptakan, memfasilitasi, meningkatkan pengetahuan multimedia dan membangun jejaring warga yang melakukan perubahan sosial dengan pendekatan dokumentasi sosial.

Misi ini di”tagline” kan menjadi : TERUS BERBAGI CAHAYA!

Fotografer-fotografer Perempuan dalam Pameran Foto “Parampuan Punya Carita”

C. Nilai & Kepercayaan

4 hal yang mewakili siapa dan apa itu SkolMus?

  1. Dokumenter, Skolmus percaya bahwa dokumentasi sosial mampu mendorong perubahan yang transformatif
  2. Berbagi,Skolmus melakukan penyebaran dan penguatan pengetahuan multimedia dengan prinsip berbagi.
  3. Independen,Skolmus menjalankan aktifitas untuk pencapaian visinya sebagai kelompok/organisasi yang independen dan non-partisan
  4. Wirausaha Sosial;Skolmus mendapatkan dukungan finansial utamanya lewat menjalankan aktifitas ekonomi dengan cara wirausaha sosial

 

D. Layanan SkolMus

  1. Menyediakan pelatihan multimedia.Saat ini pelatihan yang dapat diduku ng oleh SkolMus adalah: fotografi, video/film, desain grafis, internet of things (IoT), dan wirausaha berbasis multimedia (bagaimana membangun usaha multimedia).
  2. Event Organizeruntuk acara-acara sosial atau acara berbasis multimedia.
  3. Menyediakan jasa multimediadan dokumentasi professional.
Logo SkolMus Enterprise

E. Proyek Sosial SkolMus:

  • Proyek Sosial SkolMus dapat berupa charity atau proyek sosial yang dilaksanakan oleh SekolahMUSA.
  • Dukungan terhadap proyek sosial tertentu akan disepakati bersama.
  • Proyek Sosial rutin SkolMus dalam agenda tahunan, diusulkan dalam bentuk: ToT Fotografi, Workshop dan Buku foto dan Pameran dengan angle pesan sosial yang dilaksanakan minimal 1 tahun sekali.
  • Kelas Tahunan masuk dalam proyek sosial yang disubsidi 50% oleh Proyek Sosial SkolMus. Subsidi diberikan untuk mendukung “organizer” kelas / Kordinator Kelas Tahunan.***

Posted on: 28/08/2015sekolahmusa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

41 − = 36