SekolahMUSA ikut “DocuCamp” : Belajar dari Alam dan Manusia

SekolahMUSA ikut “DocuCamp” : Belajar dari Alam dan Manusia

SekolahMUSA terlibat dalam Pelatihan film dokumenter “DocuCamp” yang di selenggarakan oleh Indonesia Nature Film Society (INFIS) selama delapan hari di Bogor dan Cianjur. Pelatihan ini merupakan DocuCamp kedua yang sukses dilaksanakan pada 3-10 September 2018 dengan diikuti 7 orang peserta yaitu, Agustinus Kalalu dari Sorong, Armin Septiexan dari SekolahMUSA, Cecep Sumarna dari Balai Taman Nasional Siberut, Edi Sabarudin dari WWF Indonesia, Irwan Johan dari Papua, Johan Gustiar Imbenai dari Balai Besar KSDA Papua (Kementrian LHK) dan Jumadi Jaya dari NTFP-EP Indonesia.


 

“…dengan DocuCamp maka kita bisa belajar banyak dari alam dan manusia.”

Program DocuCamp dimentori langsung oleh ke-6 pendiri INFIS yaitu Een Irawan Putra (Executive Director of Rekam Nusantara & Indonesia Nature Film Society), Nanang Sujana (Profesional Documentary Filmmaker), Wahyu Mulyono (Producer, Writer & Underwater Filmmaker), Yok Yok Hadiprakarsa (Wildlife & Ecology Specialist), Ridzki Rinanto Sigit (Director of Mongabay Indonesia) dan Irfan Yulianto (Marine Science Specialist). INFIS merupakan unit produksi film dari Yayasan Rekam Jejak Alam Nusantara yang berada di Bogor, Jawa Barat (http://inaturefilms.org/id/).

Indonesia Nature Film Society ini mengemas materi pelatihan dengan konsentrasi mengenai film dokumenter mulai dari pengenalan INFIS, proses produksi dokumenter, hutan dan kelautan dalam perspektif dokumenter, menggali ide cerita, menulis naskah untuk editing, menulis cerita dokumenter, INFIS Master Sharing Experience, pentingnya audio visual dalam strategi komunikasi dan advokasi, editing story hasil observasi dan screening film karya peserta. Peserta juga diajak menggali lebih dalam dan mengevaluasi isu-isu terkait sumber daya alam, lingkungan dan hubungannya dengan manusia untuk menentukan cerita kemudian menyampaikannya dalam bentuk audio visual.

Suasana belajar DocuCamp waktu malam hari di Saung Sarongge, Cianjur. ©Dokumentasi INFIS

DocuCamp adalah program pelatihan untuk membuka dan menemukan hal baru, menjadi pendengar dan bersikap terbuka terhadap dunia, belajar banyak dari alam dan manusia serta mengikuti rasa ingin tahu kita yang disampaikan melalui sebuah karya kreatif audio visual.

 

Foto bersama INFIS

Pelatihan ini dapat membuka cakrawala baru berpikir dalam menyampaikan sebuah realita melalui media yang efektif untuk menyuarakan gagasan atau ide tentang beragam hal dan mempengaruhi orang lain melalui informasi visual audio yang kita sampaikan. ***

– Sumber dari website INFIS

Posted on: 19/09/2018Tim Media