Interaksi manusia dengan lingkungan akan tampak biasa untuk dijalani, tapi akan menjadi luar biasa saat bisa diceritakan kembali ketika semua telah berlalu.

Relasi : Manusia dan Alam

Dalam lingkungan hidup manusia ada bermacam-macam hal yang di alami melalui penerimaan panca inderanya misalnya cahaya, warna, suara, rasa dan sebagainya yang masuk ke dalam bagian tertentu dari otaknya. Yang kemudian diolah menjadi susunan yang di proyeksikan  oleh individu tersebut menjadi suatu penggambaran tentang lingkungan tadi melalui berbagai medium.

Interaksi manusia dengan lingkungan akan tampak biasa untuk dijalani, tapi akan menjadi luar biasa saat bisa diceritakan kembali ketika semua telah berlalu. Sebagai pencerita visual, kemauan untuk menceritakan kembali, menjadi semangat kami untuk mendokumentasikan keragaman relasi yang terjalin antara manusia dengan lingkungannya..

Lihat saja bagaimana kemurahan alam semesta memberikan hasil bumi bagi manusia yang mau mengelola alam dengan baik. Mengelola dengan mau membaca perubahan alam dan beradaptasi untuk tetap bertahan hidup. Atau bagaimana alam menunjukan keindahannya dan manusia juga menentukan caranya tersendiri untuk menikmatinya.

Melihat dan merekam manusia berinteraksi sosial dengan sesama. Ada semangat, putus asa, ketidakpedulian, kegembiraan, kesedihan dan masih banyak ekspresi yang mungkin muncul dalam interaksi yang terjalin di keseharian kita.

Interaksi inilah yang telah kami rekam dalam perjalanan 2018 dan kami ceritakan kembali dalam bentuk kolaborasi visual diary. Kolaborasi ini melibatkan beberapa fotografer (dari atas-bawah : Adhyt Manafe, Wandry Dami, Armin Septiexan, Frengky Lollo, Matis Manilapai dan Lony Wenyi) dengan ciri khasnya masing masing, sehingga diary ini akan kaya dengan keragaman pendekatan dan gaya berbahasa visual mereka.

Visual diary ini sengaja tidak kami berikan caption di setiap foto agar para penikmat dapat dengan leluasa membaca setiap elemen dalam foto dan kiranya dapat mengambil makna dari setiap pesan yang disajikan dalam foto-foto ini.

Selamat menikmati, salam solidaritas berbagi dari kami, Sekolah MUSA.

Terus Berbagi Cahaya!