FKM Undana belajar membuat foto bertutur

FKM Undana belajar membuat foto bertutur
09/12/2019 No Comments Berita, Fotografi, Kelas Berbagi, Pelatihan Fotografi, Workshop Tim Media

SkolMus goes to Campus

Belajar membangun cerita melalui Fotografi

(Pertemuan pertama)

Salah seorang mahasiswa membaca buku foto Men, Mountains & The Sea
karya Rony Zakaria

Sebagai solidaritas berbagi, SkolMus terbuka untuk semua peluang berbagi edukasi dengan masyarakat yang membutuhkan pengetahuan tentang multimedia. Salah satunya melalui lembaga kampus. SkolMus yang diwakili Ete Umbu Tara dan Armin Septiexan mendapat kesempatan berbagi di Kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat tentang foto bercerita.

Ete Umbu Tara/SkolMus membawa sesi Foto Bertutur

Kelas dibuka oleh Ete Umbu Tara melalui materi foto bercerita/bertutur. Ete membagikan tentang elemen foto story dan pengalamannya yang nantinya mahasiswa/i FKM dapat  menggunakan pengetahuan ini untuk membuat kampanye isu kesehatan masyarakat dengan pendekatan foto bertutur.

Armin Septiexan/SkolMus membawa sesi Komposisi dalam Foto
Salah seorang mahasiswi membaca buku foto Wildtopia karya Edi Purnomo

Selain foto bercerita, para mahasiswa/i juga dibekali dengan  komposisi dalam fotografi yang dibagikan oleh Armin Septiexan. Pada kesempatan ini juga mereka mendapat penjelasan bagaimana pentingnya fotografi dalam arsip visual Indonesia dan bagaimana mereka dapat membuat perubahan melalui fotografi.

Setelah berdiskusi, kelas diakhiri dengan tugas sederhana untuk membuat foto bercerita dari kondisi disekitar mereka yang akan di presentasikan pada pertemuan berikutnya.

Cerita -cerita dari sekitar

(Pertemuan kedua)

Suasana sore hari yang tetap panas di Kota Kupang tak membuat para mahasiswa/i beranjak dari ruangan kelas. Minggu ke-dua pertemuan mereka dengan SkolMus akan menjadi lebih aktif karena presentasi hasil foto bercerita yang dibuat oleh beberapa mahasiswa/i. Yang menarik dalam pertemuan kali ini adalah cerita yang mereka bangun berasal dari sekitar mereka.

Salah seorang mahasiswi membaca buku foto FLOCK Project karya Kurniadi Widodo

Avi, salah satu mahasiswi FKM misalnya mengambil foto dengan pendekatan kronologis/sequence tentang pembuatan jus seledri dan respon konsumen. Selain itu, David, mencoba membuat langkah-langkah mencuci tangan yang benar untuk digunakan dalam kampanye kesehatan. Setelah presentasi masing-masing mendapat  saran dan ide baru pengembangan foto bercerita mereka dari mahasiswa/i yang lainnya dan SkolMus.

Respon positif dari pihak kampus untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah diperoleh dari SkolMus kepada mahasiswa menjadi penegasan bahwa fungsi fotografi harusnya melompati batas-batas disiplin ilmu dan bisa di akses oleh semua kalangan. ***

Penulis : Ete Umbu Tara

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published.

− 2 = 5